Materi Pembelajaran IPA Kelas 5 : Tumbuhan Hijau

A. Fotosintesis

Proses Fotosintesis pada tumbuhan hijau
sumber : kamus visual Qa Internasional
Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan dan tumbuhan. Salah satu ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup yaitu makan.Manusia memperoleh makanan dari hewan dan tumbuhan, demikian jugadengan hewan. Ada hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan dan ada pula hewan yang makanannya berasal dari hewan lain. Nah sekarang bagaimana dengan tumbuhan? Dari manakah tumbuhan hijau memperoleh makanan? Makanan tumbuhan berbeda dengan makanan manusia dan hewan. Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri. Makanan yang dihasilkan merupakan bahan makanan bagi manusia dan hewan. Oleh karena itu tumbuhan disebut penghasil makanan atau produsen.


Penampang daun
sumber : Ensiklopedia IPTEK
Proses pembuatan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Fotosintesis hanya terjadi pada tumbuhan yang berdaun hijau saja. Hal ini karena daun tersebut memiliki klorofil atau zat hijau daun. Klorofil diperlukan untuk proses pembuatan makanan. Klorofil bertugas mengikat cahaya, misalnya cahaya matahari. Apakah bahan yang diperlukan tumbuhan hijau untuk membuat makanannya? Ya, karbon dioksida dan air. Nah sekarang bagaimana proses fotosintesis itu? Air yang berada di dalam tanah diserap oleh bulu-bulu akar dan diangkut sampai ke daun. Alat yang digunakan untuk mengangkut air sampai ke daun yaitu pembuluh kayu. Selain air, tumbuhan memerlukan karbon dioksida. Penyerapan gas karbon dioksida dilakukan oleh tumbuhan melalui stomatadan lentisel. Stomata adalah lubang-lubang kecil pada permukaan daun sehingga sering disebut mulut daun. Sedangkan lentisel adalah lubanglubang kecil pada permukaan batang.

Air dan karbon dioksida yang telah terkumpul diolah menjadi makanan. Proses ini terjadi di daun dengan bantuan cahaya. Cahaya berfungsi sebagai sumber energi atau tenaga. Energi ini diserap oleh klorofil dan digunakan untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat (zat gula) dan oksigen. Secara sederhana, fotosintesis dengan bantuan cahaya dapat digambarkan sebagai berikut.

Fotosintesis secara alami terjadi dengan bantuan cahaya yaitu pada siang hari jika matahari bersinar. Proses fotosintesis dapat juga berlangsung malam hari. Hal ini dapat terjadi jika energi yang terkandung dalam cahaya tersebut memenuhi kebutuhan fotosintesis. Hasil dari fotosintesis yaitu karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan melalui pembuluh ayak atau pembuluh tapis. Karbohidrat inilah yang merupakan makanan bagi tumbuhan hijau. Karbohidrat bagi tumbuhan berguna antara lain untuk proses pertumbuhan. Adapun oksigen hasil fotosintesis dikeluarkan ke udara.

B. Hasil Fotosintesis
Tahukah kamu, apakah hasil dari fotosintesis? Ya, hasil fotosintesis adalah oksigen dan karbohidrat. Seperti yang sudah dijelaskan di depan bahwa karbohidrat berfungsi untuk pertumbuhan bagi tanaman. Kelebihan karbohidrat akan disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan  makanan. Kumpulan karbohidrat ini diubah menjadi amilum atau zat pati. Jadi cadangan makanan yang tersimpan dalam tumbuhan berupa amilum. Pada saat tidak memungkinkan bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, seperti pada malam hari atau saat kekeringan maka tumbuhan akan memecah amilum. Cadangan makanan pada tumbuhan dapat disimpan di dalam umbi, batang, buah, atau biji. Cadangan makanan inilah yang dikonsumsi manusia.
1. Tumbuhan menyimpan makanan cadangan di dalam umbi.
Umbi merupakan bagian tanaman yang mengembang. Umbi berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan cadangan. Ada beberapa macam umbi antara lain seperti berikut.
a. batang adalah bagian batang yang menggembung di dalam tanah, contohnya kentang;
b. umbi akar adalah akar yang menggembung, contohnya ketela pohon, dahlia dan talas;
c.bumbi lapis adalah bagian batang yang menggembung berlapis-lapis, contohnya bawang merah dan bawang putih.
contoh:  a) umbi batang;  b) umbi akar; c) umbi lapis
sumber : Ensiklopedia IPTEK
2. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam batang, antara lain sagu dan tebu.
3. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada buah, antara lain pisang, mangga, apel, dan jeruk. 
4. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada biji, antara lain kacang tanah, kedelai, padi, dan kacang hijau.
5. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada daun, antara lain bayam dan kangkung.

C. Manfaat Tumbuhan Hijau Bagi Manusia dan Hewan
Selain manusia, hewan juga memanfaatkan tumbuhan. Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan hewan antara lain daun, biji, bunga, dan batang. Daun dan biji umumnya dimakan oleh binatang pemakan tumbuhan (herbivora). Batang dan ranting ada yang dimakan dan ada pula yang digunakan untuk membuat sarang atau tempat tinggal. Manusia memanfaatkan tumbuhan untuk berbagai keperluan, antara lain seperti berikut.

1. Sumber Makanan 
Apakah setiap hari kamu makan nasi? Dari mana nasi berasal? Ya, nasi berasal dari tumbuhan padi. Tumbuhan bagi manusia dan hewan dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Makanan merupakan sumber energi bagi manusia dan hewan. Oleh karena tumbuhan sebagai sumber energi maka tumbuhan disebut produsen. Sedangkan manusia dan hewan disebut konsumen atau pemakai. Tidak semua tumbuhan dapat dimakan oleh manusia. Hanya tumbuh-tumbuhan tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimakan umumnya merupakan tempat menyimpan cadangan makanan.  Perhatikan tabel berikut : 



















2. Sandang atau Pakaian
Coba perhatikan bajumu. Apakah bahan bajumu? Beberapa jenis pakaian terbuat dari bahan kain katun. Kain katun ini dibuat dari serat yang berasal dari tanaman kapas.

3. Tempat Tinggal dan Perabot Rumah Tangga Beberapa jenis kayu digunakan untuk membuat rumah dan perabot rumah tangga. Misalnya pohon jati dan mahoni dibuat meja, kursi, pintu, dan tiang rumah.

4. Obat-obatan
Tumbuhan tertentu dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Misalnya jahe, kunyit, dan temulawak. Sekarang ini telah banyak dihasilkan obat-obatan alami yang diambil dari tumbuh-tumbuhan.

5. Menyimpan Air
hutan sebagai tempat penyimpanan cadangan air tanah
sumber : pixabay.com
Tumbuhan juga dimanfaatkan manusia sebagai tempat menyimpan cadangan air dan mencegah erosi. Coba perhatikan lingkungan sekitarmu. Sekarang ini banyak hutan yang ditebangi. Akibatnya saat musim hujan terjadi banjir serta tanah longsor. Sebaliknya saat musim kemarau, udaranya panas dan terjadi kekurangan air/kekeringan.

6. Pensuplai Oksigen
Tumbuhan sebagai pensuplai oksigen yang dibutuhkan manusia dan hewan. Ingat bahwa hasil lain fotosintesis tumbuhan adalah oksigen. Oksigen sangat diperlukan oleh manusia dan hewan untuk bernapas. Selain itu, tumbuhan juga turut menjaga keseimbangan jumlah karbon dioksida di bumi. Karbon dioksida merupakan gas yang berbahaya bagi manusia dan hewan. Karbon dioksida banyak dihasilkan asap kendaraan bermotor dan cerobong asap pabrik. Jadi, tumbuhan hijau membantu menyeimbangkan jumlah gas oksigen dengan karbon dioksida.

D. Bagaimana Jika Tidak Ada Tumbuhan Hijau?
Tumbuhan hijau mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan di dunia ini. Oleh sebab itu, kita harus berusaha menjaga dan melestarikannya. Hal-hal yang akan terjadi apabila dunia ini tidak ada tumbuhan hijau, antara lain seperti berikut.

1. Bumi Terasa Panas 
Adanya karbon dioksida sebenarnya berfungsi menangkap panas matahari sehingga menghangatkan bumi. Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan menyebabkan bumi terasa panas. Jika tidak ada tumbuhan, maka jumlah oksigen dan karbon dioksida tidak seimbang. Akibatnya suhu bumi menjadi naik.

2. Sumber Air Menjadi Kering
Tumbuhan dapat berfungsi sebagai penyimpan air. Saat musim hujan, air terserap ke dalam tanah dan disimpan oleh akar-akar tanaman. Air ini sebagai cadangan saat kemarau. Jika tidak ada tanaman maka air hujan langsung mengalir ke badan air. Dan sebaliknya saat kemarau sumber air menjadi kering.

3. Tidak Terdapat Kehidupan di Dunia
Tumbuhan sebagai penyedia oksigen. Oksigen sangat diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Selain penyedia oksigen, tumbuhan hijau juga sebagai bahan makanan bagi manusia dan hewan. Manusia dan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri. Apabila tumbuhan hijau sudah tidak ada maka lambat laun kehidupan di dunia ini akan musnah.


sumber : Buku Sekolah Elektronik (BSE) : Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas 5
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional



download

0 Response to "Materi Pembelajaran IPA Kelas 5 : Tumbuhan Hijau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel