Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP 2020


A. Latar Belakang
Olimpiade Sains Nasional yang biasa disingkat OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Peserta OSN (sekarang berganti menjadi Kompetisi Sains Nasional, disingkat : KSN) adalah siswa yang telah lulus seleksi untuk setiap tingkatan, baik itu di Sekolah, Kab./Kota, dan Propinsi. Mereka adalah siswa-siswi terbaik di bidang sains yang siap bertarung di bidang studi : Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Lahirnya gagasan KSN sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari upaya Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lebih mendekatkan peserta didik pada dunia sains.Melalui sains peserta didik mampu menunjukkan kemampuannya untuk terus berpikir dan merefleksikan peristiwa apa yang terjadi dalam dunia keseharian. Dengan begitu sains dapat mengarahkan dan mendorong anak menjadi peserta didik yang kreatif, sistematis, kritis dan penuh inisiatif. Dunia sains pula akan mendorong anak-anak Indonesia untuk berlomba- lomba mengubah dunia menjadi jauh lebih baik, bahkan penguasaan dunia sains akan melahirkan generasi-generasi saintis yang kelak dapat membanggakan sekaligus mengharumkan nama bangsa. Kegiatan KSN dapat menjadi salah satu instrumen untuk meningkatkan mutu dan kualitas
pendidikan. Kompetisi bidang Sains yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjadi populer sejak tahun 2002 di Provinsi D.I. Yogyakarta, melalui penyelenggaraan yang dahulu disebut Petunjuk Pelaksanaan KSN Tingkat SMP Tahun 2020 dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau yang sekarang berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP. Kegiatan ini melibatkan stakeholder mulai dari sekolah, Dinas Pendidikan Kab./Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Instansi terkait yang mengembangkan peningkatan mutu di bidang sains.

KSN adalah kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, memfasilitasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Sains dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat agar dapat meningkatkan kemampuannya. Agar pelaksanaan KSN SMP tahun 2020 dapat terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan untuk digunakan sebagai pedoman bagi panitia, peserta didik, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya. Petunjuk Pelaksanaan KSN SMP 2020 ini tidak hanya berisi petunjuk teknis pelaksanaan lomba KSN, tapi juga memberikan perspektif pentingnya KSN SMP tahun 2020 untuk diikuti oleh siswa, guru, pembina, dan para pihak terkait dalam pengembangan bidang sains di Indonesia.

C. Tujuan
1. Meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religius, intergritas, nasionalisme, mandiri, dan gotong royong.
2. Mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang sains.
3. Menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.
4. Memotivasi sekolah agar berperan aktif dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar bidang sains.
5. Menanamkan sifat kompetitif, kerjasama dan sportivitas yang sehat sejak dini.
6. Menanamkan kesadaran dan keberanian peserta didik untuk mencoba menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal dengan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dalam bidang sains.

D. Tema
“Mengembangkan kemampuan “4K” kritis, kreatif, kolaboratif dan
komunikatif siswa melalui Sains”

E. Pengertian Kompetisi Sains Nasional SMP
Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang sains bagi siswa SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kab./kota, provinsi, dan nasional.

F. Bidang Lomba
a.Matematika
b.Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
c. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

G. Hasil yang Diharapkan
Melalui lomba ini diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi peserta didik dalam bidang sains, serta teridentifikasinya peserta didik terbaik yang mampu berprestasi pada lomba tingkat nasional dan internasional.

H. Sasaran
Sasaran kegiatan KSN adalah peserta didik SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat.

I. Penyelenggaraan Seleksi KSN
Seleksi diselenggarakan secara berjenjang, yakni:
a. Tingkat Sekolah
b. Tingkat Kabupaten/Kota
c. Tingkat Provinsi
d. Tingkat Nasional

J. Silabus KSN
Silabus KSN merupakan ruang lingkup materi yang diujikan. Ruang lingkup yang dikembangkan sesuai dengan bidang masing-masing, merujuk pada kurikulum nasional SMP yang berlaku dan silabus lomba internasional yang diikuti Direktorat Pembinaan SMP.

Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP 2020




Silabus KSN SMP 2020



Demikian tentang Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP 2020,
Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP 2020"