Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juknis KSN Tingkat SD Daring Tahun 2020

Mashenry.com-- Juknis KSN Tingkat SD Daring Tahun 2020
Tujuan umum Kompetisi Sains Nasional – Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi
nilai-nilai sportivitas.

Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;
  2. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat;
  4. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan
  5. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

TEMA
Dengan belajar secara tidak langsung, namun tetap semangat berprestasi dari rumah.

SASARAN
Sasaran seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah peserta didik sekolah dasar yang telah mengikuti seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, Kabupaten/Kota, provinsi dan nasional.

RUANG LINGKUP
Bidang yang dikompetisikan dalam KSN-SD Tahun 2020 adalah Matematika dan IPA.

KETENTUAN UMUM
1. Seleksi Tingkat Provinsi
  1. Pusat Prestasi Nasional mengembangkan aplikasi untuk pelaksanaan seleksi KSN-SD secara daring (online);
  2. Setiap kabupaten/kota diwakili oleh 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang Matematika dan 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang IPA sebagai hasil seleksi tingkat kabupaten/ kota yang dibuktikan dengan surat keputusan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota;
  3. Setiap provinsi membuat Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi tentang Peserta Seleksi KSN-SD Tingkat Provinsi berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan dikirim ke Pusat Prestasi Nasional paling lambat tanggal 11 September 2020.
  4. Setiap Provinsi menyampaikan hasil pemetaan jaringan internet peserta yang dapat mengakses internet menggunakan smart phone android dan paket kuota internet kepada Pusat Prestasi Nasional (lampiran 3) dan dikirim ke Pusat Prestasi Nasional paling lambat tanggal 11 September 2020.
2. Seleksi Tingkat Nasional
  1. Pusat Prestasi Nasional mengembangkan aplikasi untuk pelaksanaan seleksi KSN-SD secara daring (online);
  2. Pusat Prestasi Nasional menetapkan pemenang hasil seleksi peserta tingkat provinsi berdasarkan ketentuan di bawah ini: Jumlah peserta KSN-SD tingkat nasional berjumlah 136 peserta didik (untuk setiap bidang) yang berasal dari 34 provinsi. Penilaian peserta yang lolos ke tingkat nasional didasarkan pada mekanisme ranking nasional dan kuota ranking nilai tertinggi pada masing-masing provinsi dengan rincian sebagai berikut:
    1. sejumlah 68 peserta didik berdasarkan ranking nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik.
    2. sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari ranking tertinggi provinsi.
    3. sehingga setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 (dua) peserta didik dan maksimal 5 (lima) peserta didik untuk masing-masing bidang Matematika dan IPA berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi.
  3. Peserta yang lolos seleksi ke tingkat nasional untuk setiap bidang akan dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional dan akan mengikuti seleksi KSN-SD tingkat nasional pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 5 Nopember 2020.
Selengkapnya Juknis KSN Tingkat SD Daring Tahun 2020 Download disini


Demikian informasi tentang Juknis KSN Tingkat SD Daring Tahun 2020
Semoga bermanfaat, 

Post a Comment for "Juknis KSN Tingkat SD Daring Tahun 2020"