Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi IPA Kelas 4 : Memelihara Kesehatan Rangka

Memelihara Kesehatan Rangka  

Pernahkah kamu melihat orang yang memiliki kelainan rangka/tulang? Misalnya, bungkuk, kakinya berbentuk O, atau punggungnya condong ke kanan atau ke kiri. Semua itu terjadi disebabkan oleh penyakit atau karena kebiasaan sikap tubuh yang tidak benar.

Oleh karena itu, kita harus memelihara kesehatan rangka. Untuk dapat memelihara kesehatan rangka, kamu harus rajin berolahraga, mempelajari penyebab beberapa jenis penyakit tulang, serta mengetahui sikap tubuh yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, makanan yang kamu makan juga harus diperhatikan kandungan gizinya. Bertanyalah kepada orang tua

1. Pengaruh Sikap Tubuh terhadap Rangka

Kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik akan memengaruhi pertumbuhan tubuh. Misalnya, posisi membaca, menulis, dan duduk. Sikap tubuh yang salah ketika duduk, berdiri, tidur, atau ketika membawa beban yang terlalu berat dapat menyebabkan gangguan pada tulang belakang. Beberapa gangguan pada tulang belakang adalah sebagai berikut.

a. Skoliosis, yaitu tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan. Penyebabnya adalah sering membawa beban yang terlalu berat pada salah satu sisi anggota gerak atau pada bahu.

b. Kifosis, yaitu tulang belakang membengkok ke belakang. Penyebabnya  adalah kebiasaan duduk membungkuk atau sering membawa beban yang terlalu berat di punggung.

c. Lordosis, yaitu tulang belakang membengkok ke depan. Penyebabnya mungkin karena terjatuh saat masih kecil atau duduk terlalu condongke depan.

Untuk menghindari akibat buruk dari sikap tubuh yang salah, maka kamu harus membiasakan sikap tubuh yang benar. Misalnya, punggung selalu dalam posisi tegak ketika duduk, berdiri, atau ketika mengangkat beban. Tekuklah lutut jangan menekuk punggung. Saat membawa beban, seimbangkan antara beban sebelah kiri dan kanan.

2. Penyakit yang Merusak Rangka

Pada proses pertumbuhannya, terkadang tulang mengalami gangguan atau hambatan. Gangguan atau penyakit yang dapat menyerang tulang, antara lain polio, rakitis, osteoporosis, dan rematik.

    a. Polio

Penderita polio akan mengalami kelumpuhan sehingga lama-kelamaan tulangnya akan mengecil. Penyakit polio dapat dicegah dengan pemberian vaksin polio. Pemberian vaksin biasanya dilakukan melalui mulut pada saat anak berusia di bawah lima tahun.

    b. Rakitis

Rakitis merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tulang. Penyakit ini timbul karena penderita kekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi. Orang yang menderita penyakit rakitis memiliki tulang kaki yang lemah dan biasanya berbentuk X atau O karena tidak dapat menahan berat tubuh.

    c. Osteoporosis

Osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit yang menyebabkan tulang mudah retak atau patah. Penyakit ini biasanya menyerang orang lanjut usia, terutama perempuan. Penyebab osteoporosis adalah tubuh kekurangan zat kapur (kalsium). Untuk mencegak osteoporosis, kamu perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium seperti ikan dan susu.

    d. Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian. Persendian yang biasa terkena adalah persendian kaki, tangan, dan siku. Rasa nyeri kadang disertai pembengkakan sendi. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya, misalnya jantung. Komplikasi merupakan penyakit yang timbul kemudian karena penyakit yang ada tidak diobati.

3. Makanan Bergizi dan Olahraga

Proses pertumbuhan tulang pada anak-anak dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam seperti makanan, vitamin, dan mineral. Selain itu, ada beberapa faktor luar yang turut berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang. Misalnya, sinar matahari, beban yang sering diangkat, dan benturan. Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah makanan yang banyak mengandung vitamin D, kalsium, dan fosfor. Vitamin D banyak terdapat pada ikan, susu, dan kuning telur. Kalsium banyak terdapatpada susu, kacang-kacangan, ikan, dan buah-buahan. 

Fosfor banyak terdapat pada ikan, jagung, dan kacang-kacangan. Olahraga yang teratur juga dapat memperkuat struktur tulang. Akan lebih baik jika kamu bisa terkena sinar matahari di pagi hari, karena sinar matahari membantu proses pengubahan provitamin D menjadi vitamin D. Jadi, untuk membentuk rangka yang baik kita perlu makan makanan yang bergizi, memperlakukan tubuh dengan sikap yang benar, memperoleh cukup sinar matahari pagi, tidak mengangkat beban berat yang melebihi kemampuan tubuh, dan olahraga teratur. Dapatkah kamu menyebutkan hal lain yang dapat membentuk dan memelihara kesehatan rangka?

Sources : BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas IV, Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional

Post a Comment for "Materi IPA Kelas 4 : Memelihara Kesehatan Rangka "