Materi Pembelajaran IPA Kelas 5 : Makanan dan Gizi Seimbang

pixabay.com
Mengapa kita harus makan? Manusia harus makan agar bisa hidup. Apa yang kamu rasakan jika kamu tidak makan? Kamu akan merasa lemas dan tidak dapat beraktivitas dengan baik. Tubuh memerlukan makanan agar bisa bekerja dengan baik, tumbuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. 

Makanan berhubungan erat dengan sistem pencernaan. Makanan yang dimakan akan memengaruhi sistem pencernaan. Tubuh manusia bagaikan mesin dan makanan sebagai bahan bakar. Sama halnya dengan mesin yang tidak sembarangan dalam penggunaan bahan bakar. Misalnya mesin sepeda motor hanya menggunakan bahan bakar bensin. Mesin sepeda motor akan berhenti berjalan atau bahkan mengalami kerusakan jika tidak menggunakan bensin. Demikian juga pada alat pencernaan. Tidak semua makanan berdampak bagus bagi pencernaan. Makanan yang tidak sehat akan menyebabkan alat pencernaan rusak atau dapat menyebabkan sakit pada tubuh kita.

1. Jenis Makanan
Makanan dalam tubuh kita mengalami pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Mengapa makanan mengalami dua proses tersebut? Hal ini karena ada jenis makanan yang mudah dicerna dan ada makanan yang tidak mudah dicerna. Makanan yang mudah dicerna adalah makanan yang tidak berserat, misalnya roti, daging, nasi, ikan. Adapun makanan yang tidak mudah dicerna adalah makanan yang berserat. Contoh makanan berserat adalah buah-buahan dan sayuran. Makanan yang berserat tidak mudah dicerna karena tubuh manusia tidak mempunyai enzim pencerna selulosayaitu selulose. Selulosa berfungsi untuk menyerap air sehingga tinja tidak terlalu keras. Selulosa juga menggiatkan gerak peristaltik usus. Jadi serat dapat mencegah sembelit atau konstipasi. Oleh karena itu perbanyaklah makan makanan berserat segar agar tidak terkena sembelit.


2. Makanan Bergizi dan Menu Seimbang
Setiap hari kita makan berbagai jenis makanan. Apakah makanan yang kita makan sudah tepat? Belum tentu makanan yang kita konsumsi tepat bagi tubuh. Makanan yang tepat bagi tubuh adalah makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Apakah yang dimaksud dengan makanan bergizi lengkap dan seimbang itu? 
Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Makanan seimbang adalah makanan yang jenis dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jadi, walaupun kamu makan makanan yang bergizi, tetapi tidak seimbang maka itu juga tidak baik karena akan dibuang oleh tubuh. Dengan makan makanan yang bergizi, lengkap dan seimbang berarti kita telah menjaga kesehatan tubuh.

a. Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai penghasil energi atau tenaga dan menjaga panas tubuh. Zat karbohidrat banyak terkandung dalam beras, jagung, sagu, terigu, dan umbi-umbian seperti kentang dan singkong. Orang yang aktivitasnya banyak memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat lebih banyak.

b. Lemak
Lemak bagi tubuh juga memiliki peranan yang penting. Bagi tubuh, fungsi lemak antara lain sebagai berikut.
1) Menjaga panas tubuh.
2) Pelarut vitamin A, D, E, K
3) Pelindung organ-organ tubuh yang penting, seperti jantung, hati, ginjal, dan paru-paru.
4) Sumber energi cadangan. Jenis lemak ada dua yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati adalah lemak yang berasal dari tumbuhan. Contohnya kelapa, kacang tanah, dan kedelai. Lemak hewani adalah lemak yang berasal dari hewan. Contohnya telur, mentega, susu, keju, dan daging.

c. Protein
Protein adalah zat makanan yang berfungsi dalam proses pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu protein juga berfungsi sebagai penghasil tenaga. Jenis protein ada dua yaitu protein nabati dan protein hewani.Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan. Sedangkan protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. Contoh sumber protein adalah kacang-kacangan dan telur. Pada orang dewasa kekurangan protein mengakibatkan penyakit busung lapar. Bayi dan balita sangat memerlukan protein untuk pertumbuhan. Kekurangan protein pada anak-anak akan menyebabkan penyakit kwashiorkor. Penderita tidak mempunyai nafsu makan, badannya membengkak, rambut berubah warna dan kusam, dan pertumbuhan badannya terhambat.

d. Mineral
Mineral berfungsi sebagai zat pembangun dan mengatur kesehatan tubuh. Mineral terdapat dalam berbagai bahan makanan. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu sebagai berikut. :

1) Zat besi
Zat besi diperlukan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Apa yang akan terjadi bila tubuh kekurangan zat besi? Kekurangan zat besi mengakibatkan darah kekurangan butir darah merah. Penyakit ini disebut anemia. Zat besi banyak terkandung pada daging, hati, kedelai, dan sayuran berwarna hijau seperti bayam, daun ubi jalar, daun kelor, dan kangkung.

2) Yodium
Yodium berguna untuk memperlancar tugas kelenjar gondok. Kekurangan yodium mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar gondok atau biasa disebut dengan penyakit gondok. Yodium banyak terdapat pada garam dapur dan ikan laut.

3) Zat kapur (Kalsium)
Zat kapur atau kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu kalsium juga diperlukan dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka. Kalsium banyak terdapat pada daging ayam, ikan kakap, ikan tawes, telur, bayam, melinjo, kedelai dan kacang merah.

4) Fosfor
Sama halnya dengan kalsium, fosfor diperlukan dalam pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan fosfor mengakibatkan pertumbuhan terganggu. Fosfor banyak terkandung pada udang, ikan bandeng, daging ayam, daging sapi, jagung, kacang merah, sayuran dan susu.

e. Vitamin
Vitamin diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Vitamin tidak menghasilkan tenaga dan tidak membangun jaringan tubuh. Akan tetapi vitamin berperan pada semua proses kimia dalam tubuh. Seseorang yang kekurangan vitamin akan mudah terserang penyakit. Penyakit karenankekurangan vitamin disebut avitaminosis. Sedangkan kelebihan vitamin disebut hipervitaminosis. Vitamin ada yang larut dalam air dan ada yang larut dalam lemak. Vitamin A, D,
E, dan K dapat larut dalam lemak, sehingga dapat disimpan dalam tubuh. Vitamin B dan C larut dalam air sehingga tidak dapat disimpan dalam tubuh.

1) Vitamin A
Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, mempercepat pertumbuhan tubuh dan mempertinggi daya tahan tubuh terhadap infeksi. Untuk menjaga kesehatan mata, kita harus memperbanyak makan makanan yang mengandung vitamin A. Sumber vitamin A antara lain wortel, tomat, pisang, pepaya, ikan, hati, dan telur. Penyakit akibat kekurangan vitamin A antara lain rabun senja.

2) Vitamin B
Vitamin B berfungsi untuk pertumbuhan tubuh dan mencegah penyakit beriberi. Kekurangan vitamin B menyebabkan penyakit beri-beri, bibir pecah- pecah, kulit mudah rusak, radang pada lidah, selera makan hilang, dan pertumbuhan terhambat. Vitamin B banyak terdapat pada sayuran, kacang-kacangan, telur, nasi, hati, daging, dan susu.

3) Vitamin C
Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan kesehatan setelah sakit. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan gusi berdarah, sariawan, bibir pecah-pecah dan pembengkakan pada sendi. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan yang berwarna kuning kemerah-merahan, seperti tomat, nanas, jeruk, dan sayuran yang masih segar.

4) Vitamin D
Vitamin D membantu pembentukan tulang dan gigi . Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit tulang atau rakhitis serta pertumbuhan tulang tidak normal. Vitamin D banyak terkandung pada alpukat, pisang, bunga kol, brokoli, susu, mentega, dan telur. Sinar matahari dapat mengubah provitamin D yang ada di bawah kulit menjadi vitamin D. Provitamin adalah bahan baku pembentuk vitamin.

5) Vitamin E
Vitamin E berguna untuk menjaga kesehatan alat reproduksi, membentuk sel darah merah, dan memperhalus kulit. Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan kemandulan, keguguran atau bayi meninggal dalam kandungan. Vitamin E banyak terdapat pada kecambah, minyak ikan, susu, kuning telur, dan wortel.

6) Vitamin K


Vitamin K membantu pembekuan darah saat terjadi luka. Kekurangan vitamin K mengakibatkan darah pada luka sukar membeku. Vitamin K banyak terdapat pada bayam, buncis, sawi, kacang kacangan, kuning telur, dan hati.


sumber : Buku Sekolah Elektronik (BSE) : Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas 5
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional

0 Response to "Materi Pembelajaran IPA Kelas 5 : Makanan dan Gizi Seimbang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel