Materi Pembelajaran IPA Kelas 5 : Penyakit pada Alat Pencernaan dan Pencegahannya


Beberapa penyakit yang sering menyerang sistem pencernaan berikut.
pixabay.com

1. Penyakit Diare
Penyakit diare disebabkan oleh bakteri yang menyerang usus. Bakteri ini masuk melalui makanan. Penderita diare merasakan perutnya perih, mulas dan sering buang air besar yang bentuknya cair. Penderita dapat kekurangan banyak cairan (dehidrasi) dalam tubuhnya. Untuk mengganti cairan yang hilang, penderita sebaiknya minum oralit 2-3 kali sehari. Oralit dapat diganti dengan melarutkan garam dan gula ke dalam air matang.

2. Sariawan
Sariawan adalah peradangan yang terjadi pada rongga mulut dan lidah. Peradangan tersebut dapat berupa pecah-pecah dan perih pada mulut dan lidah. Penyebabnya adalah kuman. Sariawan menyerang tubuh karena tubuh kekurangan vitamin C. Vitamin C banyak terdapat pada sayur dan buah.

3. Hepatitis
Hepatitis adalah gangguan peradangan pada organ hati. Penyebab hepatitisnadalah virus hepatitis. Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Ada beberapa jenis penyakit hepatitis, yaitu hepatitis A, B, C, D dan E. Tanda-tanda terserang hepatitis umumnya seperti gejala flu dengan disertai badan lemah dan mual. Gejala ini disertai nafsu makan berkurang, gatal-gatal pada otot sendi, dan mengalami demam. Virus hepatitis dapat menular melalui makanan, minuman, dan cairan tubuh penderita. Virus hepatitis juga dapat menular melalui jarum suntik dan transfusi darah. Nah untuk menghindari penyakit ini, makanlah makanan yang bersih. Dan jika kamu akan disuntik mintalah jarum suntik yang baru. Selain itu, untuk pencegahan penyakit ini dilakukan dengan imunisasi hepatitis. Sudahkah kamu diimunisasi hepatitis?

4. Maag (Radang Lambung)
Penyebab penyakit maag yaitu produksi asam lambung yang terlalu banyak. Maag dapat di-sebabkan pola makan yang tidak teratur. Penderita maag akan merasakan perutnya perih, mual dan kembung. Hal ini akan muncul saat perut terasa lapar atau terlalu kenyang. Untuk menjaga agar tidak menderita maag, sebaiknya kamu makan makanan yang sehat secara teratur.

5. Penyakit Usus Buntu/Apendikitis
Apendikitis atau usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu. Penderita akan merasakan sakit di perut sebelah kanan bawah. Apabila kaki dilipat ke arah perut maka rasa sakit akan bertambah. Suhu badan penderita tinggi. Cara penyembuhannya dengan terapi pengobatan. Akan tetapi jika sudah terlalu sulit untuk disembuhkan maka perlu dilakukan operasi.

6. Tifus
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang usus halus dan usus besar. Tanda-tandanya adalah panas tinggi tidak segera turun, dan perut terasa sakit.

7. Kencing Manis
Penyakit ini terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin. Oleh karena itu zat gula yang seharusnya diserap oleh tubuh dikeluarkan melalui air seni.

8. Konstipasi
Konstipasiatau sembelityaitu penyakit susah buang air besar. Penyebabnya antara lain kurang makan makanan berserat. Contoh makanan berserat adalah sayur, buah, dan biji-bijian.


Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Pada subbab sebelumnya telah dijelaskan bahwa makanan sangat memengaruhi kesehatan. Oleh karena itu kita perlu makan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Selain makanan, kebiasaan hidup sehari-hari juga menunjang kesehatan. 

Untuk menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan sebagai berikut.
1. Makan makanan yang bergizi, bersih, dan sehat secara teratur.
2. Makan tidak berlebihan. Artinya sesuai dengan usia, aktivitas, dan kebutuhan tubuh atau sesuai porsinya.
3. Minum air yang cukup.
4. Menjaga kebersihan badan dan lingkungan.
5. Tidak membiasakan jajan di sembarang tempat.
6. Istirahat yang cukup.
7. Olahraga secara teratur


sumber : Buku Sekolah Elektronik (BSE) : Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas 5
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional

0 Response to "Materi Pembelajaran IPA Kelas 5 : Penyakit pada Alat Pencernaan dan Pencegahannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel