Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koneksi dan Refleksi Reviu Awal Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Dan Video Praktik Pembelajaran

Koneksi dan Refleksi  Reviu Awal Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Dan Dan Video Praktik Pembelajaran

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KONEKSI

Question #1

1

Berdasarkan pengalaman Saudara , bagaimana  Saudara melakukan reviu awal kelengkapan komponen pada RPP, Bahan Ajar, LKPD, media dan Evaluasi pembelajaran?

Dalam reviu awal kelengkapan komponen pada RPP, Bahan Ajar, LKPD, media dan Evaluasi pembelajaran meliputi Komponen (1) RPP antara lain  Identitas satuan pendidikan, KD dan indikator, Tujuan Pembelajaran, alat dan media, Langkah-langkah pembelajaran dan Penilaian (baik berupa penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. (2) Bahan Ajar saya buat modul sedehana yang didalamnya terdapat materi yang juga dapat diakses melalui internet,. (3) LKPD meliputi langkah- langkah pengerjaan yang dapat dilakukan oleh peserta didik dengan jelas kemudian ditambah dengan beberapa soal yang menurut saya berbasis hots. (4) Untuk media saya gunakan PPT sederhana yang berisi penjelasan inti dari materi juga di tambah dengan video- video yang relevan. (5) Evaluasi pembelajaran yang dibuat meliputi teknik penilaian, kisi- kisi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) berikut dengan kunci jawaban ditambah dengan instrumen/ rubrik penilaian sikap dan keterampilan, diharapkan hasil pembelajaran siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai.


Question #2

2

Berdasarkan pengalaman Saudara , bagaimana  Saudara melakukan reviu Pemenuhan unsur HOTS pada  RPP, Bahan Ajar, LKPD, media dan Evaluasi pembelajaran?

Pemenuhan unsur di RPP, Bahan Ajar, LKPD, media dan Evaluasi pembelajaran menggunakan toksonomi bloom (C1, C2, C3, C4, C5, C6) dalam penentuan KKO pada RP , 4C), dapat pula dilihat dalam LKPD dengan langkah langkah pembelajarannya, dan juga dapat di lihat pada soal evaluasi pembelajaran termasuk kategori low, medium, atau high dalam soal tersebut.

Koneksi Reviu Awal Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Dan Dan Video Praktik Pembelajaran

Question #3

3

Berdasarkan pengalaman Saudara , bagaimana  Saudara melakukan reviu Pemenuhan TPACK pada  RPP, Bahan Ajar, LKPD, media dan Evaluasi pembelajaran?

Pemenuhan dalam TPACK terdapat unsur teknologi biasanya akan muncul dalam pelaksanaan penyampaian materi yang biasanya dapat kita lihat dalam aplikasi online yang digunakan ketika pembelajaran daring yang di lakukan.

Question #4

4

Berdasarkan pengalaman Saudara, bagaimana Saudara melakukan Reviu Video berdasarkan Aspek  Video pembelajaran  ?

tentang review video pembelajaran saya lebih mengutamakan pada materi inti yang disampaikan kepada peserta didik, apakah video yang saya sampaikan dapat di cerna atau tidak, kemudian ditambah dengan efek dan sound yang sesuai dengan pembelajaran. Pencahayan dan suara menjadi hal yang juga harus di pertimbangkan.

Question #5

5

Berdasarkan pengalaman Saudara, apa kesulitan-kesulitan dalam melakukan reviu  perangkat pembelajaran?

Kesulitan-kesulitan dalam melakukan reviu  perangkat pembelajaran diantaranya adalah kesesuaian tujuan dan langkah langkah pembelajran dalam rpp dan penerapan hots dan tpack dalam satu kesatuan proses pembelajaran.

Question #6

6

Bagaimana Saudara  memanfatkan rekaman video praktik pembelajaran sebagai bahan untuk melakukan perbaikan kualitas pembelajaran?

Rekaman dari video praktik pembelajaran kita dapat menjadikan sebagai bahan Refleksi diri untuk pembelajaran yang lebih baik lagi.

  --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Refleksi Reviu Awal Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Dan Dan Video Praktik Pembelajaran

REFLEKSI PEMBELAJARAN

Question #1

1

Apa saja yang perlu dilakukan dalam mereviu awal  perangkat pembelajaran yang inovatif, mengakomodir HOTS dan TPACK?

Reviu awal  Pembelajaran yang inovatif yakni dengan memperhatikan minat dan bakat peserta didik, menumbuhkan ide- ide baru dalam menyelesaikan masalah, mengembangkan kemandiri an dan dapat bekerja secara kolaboratif, penggunaan teknologi yang memudahkan dalam pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.


Question #2

2

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan reviu awal video praktik pembelajaran?

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan reviu awal video praktik pembelajaran yakni penentuan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam penyampain materi didalam video tersebut, pencahayaan dan suara yang baik di tambah dengan efek dan animasi yang menarik agar terlihat lebih baik, ditambah denga  durasi waktu yang harus diperhitungkan.

Question #3

3

Apa saja yang ingin ditingkatkan dalam melakukan reviu awal pengembangan perangkat pembelajaran dan video praktik pembelajaran?

Dalam mereview pengembangan perangkat pembelajaran dan video praktik pembelajaran ini, dibutuhkan kecermatan, ketekunan dan ketelitian untuk memahaminya kemudian sebagai refleksikan diri kita supaya kedepannya proses pengembangannya akan lebih baik lagi.

Demikian tentang Koneksi dan Refleksi  Reviu Awal Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Dan Dan Video Praktik Pembelajaran

Semoga bermanfaat, 

Post a Comment for "Koneksi dan Refleksi Reviu Awal Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Dan Video Praktik Pembelajaran"