Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juknis Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK

mashenry.com-- Juknis Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2021

Persesjen Kemdikbud Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, Dan Tata Cara Pengisian  Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Dalam Petunjuk Teknis Juknis Pengisian atau Penulisan Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2021 Tahun Pelajaran 2020/2021, bahwa Pengisian  Blangko  Ijazah  pada  Satuan  Pendidikan  Dasar  dan  Pendidikan Menengah dilakukan oleh Satuan Pendidikan.   Tata  cara  pengisian  Blangko  ljazah  tercantum  dalam Lampiran  II  Persesjen Kemdikbud Nomor 23 Tahun 2020 yang  merupakan  bagian  tidak  terpisahkan dari Peraturan Sekretaris Jenderal ini.

Blangko ijazah SD

Pasal 7 :  Persesjen Kemdikbud Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, Dan Tata Cara Pengisian  Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021

(1) Tanggal kelulusan SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMK, SMALB, ProgrambPaket A, Program Paket B, Program Paket C, atau sederajat ditetapkan secara nasional sebagai berikut:
a. Kelulusan SD, SDLB, Program Paket A atau sederajat ditetapkan tanggal 15 Juni 2021;
b. Kelulusan SMP, SMPLB, Program Paket B atau sederajat ditetapkan tanggal 4 Juni 2021;
c. Kelulusan SMA, SMALB, Program Paket C atau sederajat ditetapkan tanggal 3 Mei 2021; dan
d. Kelulusan SMK atau sederajat ditetapkan tanggal 3 Juni 2021.

(2) Ketentuan tanggal kelulusan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) juga berlaku untuk SILN dan SPK.
(3) Kelulusan dituangkan melalui surat keterangan lulus dan ditandatangani oleh kepala sekolah atau pejabat lain yang ditunjuk oleh pejabat yang berwenang.

(4) Surat keterangan lulus sebagaimana dimaksud pada ayat (3) sekurang- kurangnya mencantumkan rata-rata nilai ujian sekolah/rata-rata nilai ujian pendidikan kesetaraan.

(5) Tanggal penerbitan Ijazah paling cepat satu hari setelah tanggal pengumuman kelulusan dan paling lambat 31 Juli 2021.
 
(6) Tanggal penerbitan Ijazah sebagaimana dimaksud pada ayat (5), KepalaDinas sesuai kewenangannya dapat menerbitkan Surat Edaran terkait penetapan tanggal penerbitan Ijazah.

(7) Dalam hal tidak terdapat Kepala Sekolah yang definitif atau karena satu dan lain hal Kepala Sekolah tidak dapat menandatangani Ijazah, Kepala Dinas Pendidikan atau pejabat berwenang menunjuk atau mengangkat Pelaksana Tugas untuk menandatangani Ijazah.

(8) Satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan tidak diperkenankan untuk menahan atau tidak memberikan Ijazah kepada pemilik Ijazah yang sah dengan alasan apapun.

Blangko Ijazah SMP


a.  Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, dan SMALB diterbitkan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan.
b. Terdapat  tiga  jenis  Ijazah,  yaitu:  Ijazah  untuk  sekolah  yang menggunakan  kurikulum  2006,  Ijazah  untuk  sekolah  yang menggunakan  kurikulum  2013,  dan  Ijazah  untuk  SPK  dengan kode Blangko sebagai berikut :

1.    DN-01/D-SD/K06/0000001  kurikulum 2006 SD
2.    DN-01/D-SD/K13/0000001  kurikulum 2013 SD
3.    LN/D-SD/K06/0000001  kurikulum 2006 SD SILN
4.    LN/D-SD/K13/0000001  kurikulum 2013 SD SILN
5.    D-SDLB/0000001  SDLB
6.    DN/D-SD/SPK/0000001  SD pada SPK
7.    DN-01/D-SMP/K06/0000001  kurikulum 2006 SM
8.    DN-01/D-SMP/K13/0000001  kurikulum 2013 SMP
9.    LN/D-SMP/K06/0000001  kurikulum 2006 SMP pada SILN
10.   LN/D-SMP/K13/0000001  kurikulum 2013 SMP pada SILN
11.   D-SMPLB/0000001  SMPLB
12.   DN/D-SMP/SPK/0000001  SMP pada SPK
13.   DN-01/M-SMA/K06/0000001  kurikulum 2006 SMA
14.   DN-01/M-SMA/K13/0000501  kurikulum 2013 SMA
15.   LN/M-SMA/K06/0000001  kurikulum 2006 SMA pada SILN
16.   LN/M-SMA/K13/0000001  kurikulum 2013 SMA pada SILN
17.   M-SMALB/0000001  SMALB
18.   DN/M-SMA/SPK/0001001  SMA pada SPK

c.  Ijazah  terdiri  dari  2  muka  dicetak  bolak-balik,  dimana  identitas dan  redaksi  di  halaman  muka,  hasil  ujian/daftar  nilai  ujian  di halaman belakang.

d.  Ijazah  Satuan  Pendidikan  diisi  oleh  panitia penulisan  Ijazah  yang dibentuk dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah.

e.  Pengisian  Ijazah  menggunakan  tulisan  tangan  dengan  tulisan huruf  yang  benar,  jelas,  rapi,  bersih,  dan  mudah  dibaca, menggunakan  tinta  warna  hitam  yang  tidak  mudah  luntur  dan tidak mudah dihapus.

f.  Jika terjadi kesalahan dalam pengisian ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau dihapus, melainkan harus diganti dengan blangko ijazah yang baru, untuk itu perlu kehati-hatian dalam penulisan.

g.  Ijazah yang mengalami kesalahan pengisian disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman muka dan belakang. 

h.  Ijazah  yang  salah  dikembalikan  ke  Dinas  Pendidikan untuk dimusnahkan dengan prosedur sebagai berikut:

        1)  Blangko  ijazah  yang  mengalami  kesalahan  pengisian dikembalikan  ke  Dinas  Pendidikan  untuk  diganti  dengan blangko ijazah yang baru dan dilengkapi dengan Berita Acara Serah  Terima  blangko  ijazah  yang  salah  dan  penggantinya, yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan diketahui oleh pejabat UPT/Cabang Dinas/Dinas Pendidikan.
        2)  Bagi  satuan  pendidikan  yang  berada  di  daerah  khusus karena  kondisi  geografis,  blangko  ijazah  cadangan  dapat diberikan  secara  bersamaan  dengan  kebutuhan  blangko ijazah yang seharusnya kepada satuan pendidikan tersebut.
Sisa blangko ijazah yang salah dan blangko ijazah yang tidak terpakai dikembalikan ke dinas pendidikan dengan disertai Berita  Acara  Serah  Terima  pengembalian  blangko  ijazah, yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan diketahui oleh pejabat UPT/Cabang Dinas/Dinas Pendidikan.

i.  Proses  pemusnahan  blangko  ijazah  dilakukan  oleh  dinas pendidikan,  yang  disaksikan  oleh  kepala  dinas  pendidikan  dan pihak  kepolisian  dilengkapi  dengan  Berita  Acara  Pemusnahan yang  ditandatangani  oleh  kepala  dinas  pendidikan  dan  pihak kepolisian.

j.  Sisa blangko  ijazah  SMA,  SDLB,  SMPLB,  dan  SMALB  yang terdapat  di  sekolah,  diserahkan  kembali  ke  dinas  pendidikan provinsi  atau  melalui  cabang  dinas  pendidikan  provinsi  sesuai dengan  kewenangannya  yang  ditetapkan  oleh  dinas  pendidikan provinsi,  dengan  disertai  berita  acara  yang  ditandatangani  oleh kepala  sekolah  dan  diketahui  oleh  pejabat  UPT/Cabang Dinas/Dinas Pendidikan.

k.  Sisa blangko  ijazah  SD  dan  SMP  yang  terdapat  di  dinas pendidikan kabupaten/kota dapat dimusnahkan setelah 6 (enam) bulan terhitung sejak jadwal pengisian ijazah dengan mekanisme:

        1)  seluruh  sisa blangko ijazah tersebut  dimusnahkan  dengan disertai berita acara pemusnahan;
        2)  proses  pemusnahan blangko  ijazah dilakukan  oleh  dinas pendidikan  kabupaten/kota,  yang  disaksikan  oleh  kepala dinas pendidikan kabupaten/kota dan pihak kepolisian; dan
        3)  berita  acara  pemusnahan  blangko  ijazah  sebagaimana dimaksud angka 1) dan angka 2) di atas, ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan kabupaten/kota dan pihak kepolisian. 

Blangko ijazah SMA


l.  Sisa blangko ijazah SMA, SDLB, SMPLB, SMALB, dan SPK yang terdapat  di  dinas  pendidikan  provinsi  dimusnahkan  setelah 6 (enam)  bulan  terhitung  sejak  jadwal  pengisian  ijazah  dengan mekanisme:

        1)  seluruh  sisa blangko ijazah tersebut  dimusnahkan  dengan disertai berita acara pemusnahan;
        2)  proses  pemusnahan blangko  ijazah  dilakukan  oleh  dinas pendidikan provinsi, yang disaksikan oleh pihak kepolisian; dan
        3)  berita  acara  pemusnahan  blangko  ijazah  sebagaimana dimaksud angka 1) dan angka 2) di atas, ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan provinsi dan pihak kepolisian.

m.  Sisa blangko ijazah pada SILN tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK yang terdapat  di  SILN  dimusnahkan  setelah  6  (enam)  bulan terhitung sejak jadwal pengisian ijazah dengan mekanisme:

        1)  seluruh  sisa blangko ijazah tersebut  dimusnahkan  dengan disertai berita acara pemusnahan;
        2)  proses  pemusnahan blangko  ijazah dilakukan  oleh pihak atase pendidikan dan kebudayaan; dan
        3)  berita  acara  pemusnahan  blangko  ijazah  sebagaimana dimaksud angka 1) dan angka 2) di atas, ditandatangani oleh atase pendidikan dan kebudayaan.

n.  Dalam hal terdapat kesalahan penulisan dalam ijazah setelah sisa blangko ijazah dimusnahkan, maka dapat melakukan perbaikan dengan  menerbitkan  surat  keterangan  oleh  Kepala  Satuan Pendidikan yang bersangkutan.

o.  Satuan pendidikan, dinas pendidikan kabupaten/kota/ provinsi tidak  diperkenankan  untuk  menahan  atau  tidak  memberikan ijazah kepada pemilik ijazah yang sah dengan alasan apapun.

p.  Siswa pemilik ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, dan SMALB yang  sudah  pindah  domisili,  dapat  mengambil ijazah  ke  satuan pendidikan yang menerbitkan.

Selengkapnya Juknis Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2021 DISINI

Demikian tentang Juknis Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2021
Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Juknis Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK "