Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koneksi dan Refleksi Video Praktik Pembelajaran PPG Daljab

Koneksi dan Refleksi Video Praktik Pembelajaran PPG Daljab

Koneksi Video Praktik Pembelajaran PPG Daljab

KONEKSI

Question #1

1

Berdasarkan pengalaman Saudara,  apa saja diperlukan untuk mereviu kelengkapan komponen pada RPP ?

kelengkapan rpp menurut saya adalah harus memuat dan penilaianan yang meliputi penilaian pengetahuan, afektif dan psikomotor

Question #2

2

Berdasarkan pengalaman Saudara, bagaimana  Saudara membuat rekaman video praktik pembelajaran  daring?

saya membuat rekaman video praktik pembelajaran daring dengan menggunakan, Kamera hp, Realmi 5pro, tripord, laptop, screen recorder (bandicam) untuk merekam layar dan untuk mengeditnya menggunakan VN dan kinemaster pro.

Question #3

3

Berdasarkan pengalaman Saudara, Bagaimana Saudara mengedit  rekaman video pembelajaran daring  menjadi 7 - 10 menit dengan tetap memperlihatkan tahap-tahap penting kegiatan pembelajaran?

Pertama adalah dengan  memetakan langkah-langkah yang akan kita tampilkan dalam video pembelajaran. Setelah melakukan rekaman via screen recording menggunakan bandicam, kami pilah pilah sceen yang cocok yang sesuai dengan langkah-langkah yang kami petakan di awal tadi. Baru kemudian kami gabungkan menjadi satu dengan aplikasi kinemaster pro dengan ditambah effek dan backsound supaya menjadi lebih menarik.

Question #4

4

Berdasarkan pengalaman Saudara, apa kesulitan-kesulitan dalam membuat video praktik pembelajaran?

kesulitan-kesulitan dalam membuat video praktik pembelajaran  mungkin karena baru pertama kali, dan belum terbiasa agak sedikit sulit ketika menggabung-gabungkan video menjadi satu kesatuan melalui aplikasi kinemaster pro di tambah dengan video dari screen recorder (bandicam) hingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

Question #5

5

Bagaimana Saudara memanfatkan rekaman video praktik pembelajaran sebagai bahan untuk melakukan perbaikan kualitas pembelajaran?

Video praktik pembelajaran yang kami buat itu sebagai bahan refleksi kita gunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan melihat rpp yang kita buat. Apakah langkah-langkah pembelajaran yang ada di RPP sesuai dengan apa yang kita lakukan dalam video pembelajaran tersebut, hasil refleksi dari video tersebut dapat kita jadikan motivasi untuk meningkatkan pembelajaran supaya lebih menarik lagi.

Question #6

6

Berdasarkan pengalaman Saudara,  apa saja diperlukan untuk mereviu pemenuhan HOTS pada RPP ?

Pemenuhan HOTS dalam RPP yang kita buat adalah dengan memperhatikan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik, selanjutnya dapat kita lihat juga dalam soal- soal yang diberikann termasuk kategori apa, selajutnya apakah pembelajaran yang berlangsung terjadi aktifitas yang berpikir yang lebih tinggi atau tidak, menumbuhkan berpikir kreatif atau tidak.


Question #7

7

Berdasarkan pengalaman Saudara,  apa saja diperlukan untuk mereviu pemenuhuan TPACK pada RPP ?

TPACK  (Technological, Pedagogical, And Content Knowledge) . Pada RPP yang kita buat dalam kegitiatan inti yang dibuat apakah sudah terdapat apakah terjadi transfer pengetahuan antara guru ke peserta didik, apakah dapat menumbuhkan kreatifitas untuk peserta didik. selanjutnya guru dapat memilih teknologi yang sesuai dengan kemampuan baik guru dan dengan karakter peserta didik yang ada.


Question #8

8

Berdasarkan pengalaman Saudara,  apa saja diperlukan untuk mereviu kelengkapan komponen pada Bahan Ajar ?

kelengkapan komponen pada Bahan Ajar harus memuat komponen-komponen inti seperti cover, peta konsep, KD, tujuan dan indikator, baru kemudian materi yang kita sampaikan materi inti dan didalamnya juga mengandung contoh soal di tambah dengan beberapa contoh soal berbasis hots baik di dalam proses ataupun diakhir proses pembelajaran . Apabila bahan ajar yang kita buat itu berupa handout mengambil dari sumber (materi, gambar, video) berasal dari referensi lain maka dapat ditambahkan dengan daftar pustaka, dan dapat pula ditambahkan glosarium didalamnya.

Koneksi Video Praktik Pembelajaran PPG Daljab

Question #9

9

Berdasarkan pengalaman Saudara,  apa saja diperlukan untuk mereviu pemenuhan HOTS pada Bahan Ajar ?

Pemenuhan HOTS pada bahan ajar salah satunya dapat dilihat dari kegitan inti pembelajaran kemudian dapat juga di lihat dari dari instrumen soal yang diberikan baik pada contoh soal burpa lkpd maupun latihan soal yang  dikerjakan peserta didik dalam akhir pembelajaran tersebut.

Question #10

10

Berdasarkan pengalaman Saudara,  apa saja diperlukan untuk mereviu pemenuhan HOTS pada LKPD ?

lkpd harus haruslah memunculkan ide ide baru dalam proses pembelajaran yang berlangsung, kemudian lkpd di harapkan juga tercantum langkah- langkah pengerjaan didalamnya sehingga peserta didik lebih mudah dalam melakukan unjuk kerja, selanjutnya lkpd dapat juga memunculkan ide baru dalam penyelesaian masalah.

Question #11

11

Berdasarkan pengalaman Saudara,  apa saja diperlukan untuk mereviu pemenuhan HOTS pada Evaluasi Pembelajaran ?

HOTS dapat kita lihat dari instrumen soal pengetahuan yang diberikan (C1, C2, C3, C4,C5, C6), haruslah memunculkan gagasan baru bagi peserta didik untuk berpikir lebih tinggi, selanjutnya aspek keterampilan memunculkan daya kreatifiktas peserta didik, memunculkan ide- ide baru dalam menyelesaikan masalah.

Koneksi Video Praktik Pembelajaran PPG Daljab


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Refleksi Video Praktik Pembelajaran PPG Daljab

REFLEKSI PEMBELAJARAN

Question #1

1

Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan  video praktek pembelajaran daring yang berorintasi HOTS?

hal yang perlu dilakukan dalam membuat video pembelajaran daring diantaranya, menentukan skenario, kemudian menyiapkan alat berupa kamera (jika tidak ada dapat menngunakan smartphone), menentukan lokasi pengambilan video yakni dengan memperhatikan pencahayaan dan suara,. Selanjutnya menentukan angle shoot dalam pengambilan video tersebut.

disisi lain kita juga harus mempersiapkan aplikasi editing video yang sesuai, yang nantinya akan kita gunakan untuk mengedit video yang kita buat (apakah dengan menambah, mengurangi atau menambah backgroun dan backsound dari video kita.

Question #2

2

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan  Skenario Naskah  video praktek pembelajaran daring berorientasi HOTS ?

Dalam mengembangkan  Skenario Naskah  video praktek pembelajaran daring berorientasi HOTS, naskah video yang kita susun usahakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin kita capai, kemudian video tersebut juga menjelaskan materi sejelas- jelasnya, selanjutnya ditambah dengan animasi yang menarik sehingga peserta didik termotivasi dalam mempelajari video tersebut.

Question #3

3

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan  video praktek pembelajaran daring berorientasi HOTS ?

Hal-hal  perlu diperhatikan dalam melakukan  video praktek pembelajaran daring berorientasi HOTS yakni dengan memperhatikan setiap materi inti yang ingin disampaikan kepada peserta didik, agar peserta didik memahami materi dengan waktu penyampaian materi yang terbatas, selain itu usahakan juga dalam membuat video pembelajaran materi di sampaikan sejelas- jelasnya.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Question #4

4

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengedit  video praktek pembelajaran daring berorientasi HOTS  menjadi durasi 7-10 menit?

Hal-hal  yang perlu diperhatikan dalam mengedit  video praktek pembelajaran daring  yakni yang pertama menyiapkan footage (bahan video), kemudian cuting video hingga menjadi 7-10 menit ditambah memberikan backsound yang sesuai sehingga menjadi video yang terlihat interaktif.

Question #5

5

Pada bagian manakah terdapat hal yang menarik  dalam mempersiapkan, memproduksi dan mengedit rekaman video  pembelajaran daring berorientasi HOTS ini? Apa alasannya. 

hal yang menarik  dalam mempersiapkan, memproduksi dan mengedit rekaman video  pembelajaran daring ini yakni dalam peneditan video menjadi bagus, menyesuaikan kondisi peserta didik, dan supaya terlihat lebih profesional dg menambahkan efek, animasi dan memilih backsound yang sesuai.


Question #6

6

Apa saja yang ingin Saudara tingkatkan dalam  mempersiapkan, memproduksi dan mengedit rekaman video pembelajaran daring ?

Saya ingin meningkatkan dalam  mempersiapkan, memproduksi dan mengedit rekaman video pembelajaran daring yakni dengan mengedit video tersebut supaya terkesan lebih profesional, memberikan efek, backsound, cutting video yang rapi, animasi dan transisi yang baik sehingga video tersebut terlihat bagus dan profesional yang tentunya tidak mengurangi tujuan pembelajaran dari video yang ingin dicapai.


Question #7

7

Kesulitan Apa saja yang Saudara alami dalam mempersiapkan, memproduksi dan mengedit rekaman video praktik pembelajaran daring  berorientasi HOTS ini?

Kesulitan yang saya alami dalam mempersiapkan, memproduksi dan mengedit rekaman video praktik pembelajaran daring  berorientasi HOTS ini yakni dalam hal peng editan video menjadi satu kesatuan, memilih background  yang cocok untuk merekam dengan latar green screen, memiih backsound yang cocok yang sesuai dengan tema pembelajaran, 

Demikian tentang Koneksi dan Refleksi Video Praktik Pembelajaran PPG Daljab

Post a Comment for "Koneksi dan Refleksi Video Praktik Pembelajaran PPG Daljab"