Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 -- Pedagogik : Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif  Modul 3 KB 3 -- Pedagogik : Pembelajaran Inovatif


Rangkuman Materi Pembelajaran Digital
Pembelajaran digital adalah praktik pembelajaran yang menggunakan teknologi secara efektif untuk memperkuat pengalaman belajar peserta didik yang menekankan instruksi berkualitas tinggi dan menyediakan akses ke konten yang menantang dan menarik, umpan balik melalui penilaian formatif, peluang untuk belajar kapan saja dan di mana saja, dan instruksi individual untuk memastikan semua peserta didik mencapai potensi penuh mereka.

Pada dasarnya, pembelajaran digital diterapkan dengan menggunakan beberapa prinsip, yakni; personalisasi, partisipasi aktif peserta didik, aksesibilitas, dan penilaian. Dalam hal pemanfaatan pembelajaran digital, setidaknya ada 3 potensi atau fungsi pembelajaran digital yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai alat komunikasi, alat mengakses informasi, dan alat pendidikan atau pembelajaran.

Terkait dengan ragam pemanfaatan Pembelajaran Digital, ada beberapa aplikasi yang dapat diintegrasikan dan dimanfaatkan dalam kelas digital, diantaranya adalah penggunaan mobile learning atau m-learning, pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Snapchat, Twitter, Whatsapp, Line, dan sebagainya; pemanfaatan pembelajaran berbasis permainan, serta pemanfaatan Cloud Computing.

Kunci Jawaban Tes Formatif  Modul 3 KB 3 -- Pedagogik : Pembelajaran Inovatif

1). Pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar sering juga disebut sebagai ....
a. distance educatio
b. open learning
c. Pembelajaran Digital
d. mobile learning
Kunci Jawaban : C


2). Salah satu fungsi yang tercipta melalui jaringan (networking) yang tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan sering dibutuhkan, seperti printer atau modem, namun juga berkaitan dengan data atau program aplikasi tertentu, adalah .....
a. fungsi caring
b. fungsi sharing
c. fungsi managing
d. fungsi organising
Kunci Jawaban : B


3). Salah satu prinsip penerapan Pembelajaran Digital yang mendasarkan pada kemampuan peserta didik, pengetahuan sebelumnya (prior knowledge), dan kenyamanan belajar peserta didik, yakni .....
a. prinsip aksesibilitas
b. prinsip penilaian
c. prinsip partisipasi
d. prinsip personalisasi
Kunci Jawaban : D


4). Di dalam prinsip penerapan Pembelajaran Digital, yakni prinsip penilaian, bagian penting dari penerapan prinsip tersebut dalam Pembelajaran Digital agar terjadi proses evaluasi yang mendalam dan komprehensif adalah ….
a. aksesibilitas
b. reward dan punishment
c. pemantauan dan umpan balik berkelanjutan
d. perangkat keras dan perangkat lunak
Kunci Jawaban : C


5). Salah satu keuntungan terbesar dari platform Pembelajaran Digital adalah memungkinkan peserta didik untuk bersosialisasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan sesama peserta didik di web yang disebut juga dengan istilah ….
a. social engagement
b. analisis progres
c. mix approach
d. media sosial
Kunci Jawaban : A


6). Di dalam pemanfaatan Pembelajaran Digital dimana peserta didik dapat mengakses berbagai referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun artikel hasil kajian dalam berbagai bidang, disebut dengan ….
a. potensi pembelajaran
b. potensi pendidikan
c. potensi akses informasi
d. potensi alat komunikasi
Kunci Jawaban : C


7). Salah satu ragam Pembelajaran Digital yang disampaikan (atau didukung) oleh teknologi mobile dalam proses pembelajaran maupun terintegrasi dalam aktivitas pembelajarannya, disbeut juga dengan ….
a. pembelajaran berbasis Cloud Computing
b. pembelajaran berbasis permainan
c. media sosial
d. mobile learning
Kunci Jawaban : D


8). Game-Based Learning (GBL) berfokus pada permainan yang tujuannya bukan untuk menghibur melainkan untuk tujuan pembelajaran dengan terlebih dahulu mengidentifikasi konteks dan kondisi yang mendukung integrasi dari permainan digital dengan ….
a. lingkungan belajar formal dan informal
b. peserta didik lain secara virtual
c. ketersediaan aplikasi yang dimiliki oleh peserta didik
d. perangkat keras dan perangkat lunak
Kunci Jawaban : A


9). Cloud Computing merupakan konsep dimana komputasi merupakan sebuah model yang memungkinkan terjadinya penggunaan berbagai macam sumber daya, yakni jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan service secara ….
a. terpisah
b. terhubung
c. bersama-sama
d. langsung
Kunci Jawaban : C


10). Layanan pemyimpanan berkas, dokumen, presentasi, form dan spreadsheet pada layanan software as a service, dimana pengguna tinggal menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang sudah disediakan, disebut juga dengan ….
a. Microsoft
b. Adobe Suite
c. Adobe Creative Cloud
d. Google Drive
Kunci Jawaban : C

Demikian tentang Kunci Jawaban Tes Formatif  Modul 3 KB 3 -- Pedagogik : Pembelajaran Inovatif
Semoga bermanfaat,

Post a Comment for "Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 -- Pedagogik : Pembelajaran Inovatif"