Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Refleksi Pendahuluan Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Refleksi Pendahuluan Pengembangan Perangkat Pembelajaran PPG Daljab

1. Hal penting apa saja yang harus dilakukan dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran?

Sebelum mempersiapkan perangkat pembelajaran  hal penting yang harus kita siapkan adalah :

1.      Kalender pendidikan dan analsis hari dan minggu efektif

2.      Analisi KI dan KD yang akan diajarkan untuk membuat silabus

3.      Prota dan Promes

4.      Dari silabus kemudian membuat RPP memerlukan

  1. Identitas Sekolah
  2. Tujuan Pembelajaran
  3. Model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pesera didik
  4. Penilaian yang meliputi pengetahuan, sikapdan keterampilan
  5. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
  6. Media Pembelajaran
  7.  Alat Evaluasi

2. Pada bagian manakah terdapat hal yang menarik dari kegiatan mempersiapkan  perangkat pembelajaran ini? Apa alasannya?

bagian  hal yang menarik dari kegiatan mempersiapkan  perangkat pembelajaran ini Analisis pemetaan KI dan KD yang akan diajarkan untuk membuat silabus, bagian ini menurut saya sangat menarik karena menganalisis pemetaan KI dan KD membutuhkan kalender pendidikan dan hari dan minggu efektif, yang kesemuanya membutuhkan kecermatan dan menyusunnya, menyusun IPK yang sesuai dengan KI dan KD karena semua perangkat pembelajaran bersumber dari KI, KD dan IPK. bagian yang berikutnya adalah penyusunan RPP yang berbasis HOts yang dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.

3. Apa yang menjadi kesulitan dalam melakukan persiapan perangkat pembelajaran ?

Kesulitan dalam melakukan persiapan perangkat pembelajaran yang saya alami dalam proses pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dalam memilih metode serta model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan bakat peserta didik. Selanjutnya adalah  dalam penyusunan  tujuan pembelajaran agar sesuai dengan KKO (toksonomi Bloom)  yang berorientasi HOTS,  yang mengandung TPACK, dan TIK dan  menyusunan LKPD  yang menarik, interaktif bagi siswa sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan, menumbuhkan konsep pemahaman yang mendalam bagi siswa.

4. Bagaimana strategi yang efektif dalam melakukan persiapan perangkat pembelajaran ?

strategi yang efektif dalam melakukan persiapan perangkat pembelajaran menurut saya adalah dengan membentuk forum KKG dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Membagi kelompok- kelompok tim pengembangan perangkat pembelajaran, ada bagian kalender , kemudian analisis pemetaan KI dan KD yang semuanya di butuhkan kekompakan dalam penyusunannya,  karena semua perangkat pembelajaran bersumber dari KI, KD dan IPK untuk selanjutnya dalam penyusunan yang lainnya akan lebih mudah lagi.

5. Apa saja yang ingin bapak/ibu tingkatkan dalam melakukan persiapan perangkat pembelajaran ?

Menurut saya yang harus di tingkatkan dalam melakukan persiapan perangkat pembelajaran adalah dengan menganalisis pemetaan KI dan KD dengan teliti dan cermat, sehingga akan lebih mudah nantinya dalam penyusunan silabus, promes dan lebih mudah dalam penyusuan RPP. Selanjutnya adalah penyusunan LKPD dan evaluasi yang harus benar- benar memperhatikan karakteristik peserta didik yang berbeda- beda minat, bakat dan gaya belajar siswa sehingga semuanya dapat terukur pada (kognitif, afektif dan psikomotor).

Demikian tentang Refleksi Pendahuluan Pengembangan Perangkat Pembelajaran PPG Daljab

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Refleksi Pendahuluan Pengembangan Perangkat Pembelajaran"