Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi IPA Kelas 5 Tema 5 subtema 1 Pb 1 : Ekosistem

Materi IPA Kelas 5 Tema 5 subtema 1 Pb 1 : Ekosistem

Apa itu Ekosistem ?

Ekosistem


Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi  kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar  makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik)  dan bagian tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan  terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian  lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan  tanah. 

Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah agar  mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya  matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air dan tanah  merupakan bagian penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam  bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan  dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup  kecil lainnya yang hidup di dalam tanah. 

Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan  saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan  benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem  tersusun atas individu, populasi, dan komunitas. 

Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor  burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut  habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu  daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi  tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas adalah  populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah  komunitas sungai dan komunitas padang rumput.

(Sumber : Scott Foresman. Science. 2010)

Kesimpulan: Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah  lingkungan saling berinteraksi dan saling  bergantung satu sama lain. Interaksi antara  makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada  sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem  tersusun atas individu, populasi, dan komunitas

Demikian Materi IPA Kelas 5 Tema 5 subtema 1 Pb 1 : Ekosistem

Semoga bermanfaat, 

Post a Comment for "Materi IPA Kelas 5 Tema 5 subtema 1 Pb 1 : Ekosistem"