Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi IPA Kelas 5 : Jenis Makanan Hewan

 Materi IPA Kelas 5 : Jenis Makanan Hewan

Jenis Makanan Hewan

Jenis makanan hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu makanan yang  berupa tumbuhan dan makanan yang berupa hewan lain. Hewan yang  memakan tumbuhan memilih bagian-bagian tumbuhan yang dapat  dijadikan makanan. Ada hewan yang hanya memakan daun tumbuha. Ada  pula hewan yang hanya memakan batang, buah, atau hanya biji tumbuhan.  Namun, ada beberapa jenis hewan yang memakan lebih dari satu bagian  tumbuhan tersebut.

Bagian tumbuhan yang paling sering dijadikan makanan hewan adalah  daun. Hewan seperti ulat, rusa, dan zebra, merupakan beberapa contoh  hewan yang memakan daun. Sementara itu, beberapa hewan menyukai  batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu hewan yang menyukai batang  tanaman padi dan jagung. Sedangkan hewan panda menyukai batang  pohon bambu. Bagian tanaman berupa buah juga disukai hewan. Belatung  senang memakan bagian dalam buah dan ini seringkali merugikan para  petani buah-buahan. Burung-burung menyukai  bagian tumbuhan yang berupa biji. Biji padi  sering menjadi incaran burung pipit. Biji  kenari sangat disukai para tupai.

Beberapa hewan memakan hewan  yang lebih kecil sebagai makanannya.  Hewan kecil ini menjadi mangsa bagi  hewan yang lebih besar. Serangga  menjadi makanan bagi hewan-hewan  seperti katak atau cecak. Tikus  menjadi makanan bagi kucing.  Demikian juga dengan kelinci,  yang menjadi makanan bagi burung elang.

Sumber: BSE IPA 2010

Demikian tentang Materi IPA Kelas 5 : Jenis Makanan Hewan

Semoga bermanfaat, 

Post a Comment for "Materi IPA Kelas 5 : Jenis Makanan Hewan"