Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi IPS Kelas 5 : Mengenal Letak Geografis Indonesia

Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari  kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan. 

Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia.  Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra  Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa  negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan  Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat  persilangan antara dua benua dan dua samudra. 

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000  pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah  pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di  Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua.  Sementara itu beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara  lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon,  dan Halmahera.

Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke  di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia  adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.  Diolah dari berbagai sumber.

Post a Comment for "Materi IPS Kelas 5 : Mengenal Letak Geografis Indonesia"