Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi IPA Kelas 5 : Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Materi IPA Kelas 5 : Penggolongan Hewan  Berdasarkan Jenis Makanannya 

Berdasarkan jenis makanannya, hewan dikelompokkan menjadi  tiga golongan. Ketiga golongan itu adalah golongan herbivor,  karnivor, dan omnivor.  Kelompok hewan herbivor merupakan hewan yang  makanannya berasal dari tumbuhan. Hewan ini  memiliki susunan gigi yang khas. Gigi hewan ini terdiri  atas gigi seri dan gigi geraham, dan tidak memiliki  gigi taring. Gigi seri berada di depan dan tajam. Gigi  ini berguna untuk memotong makanan. Sementara  itu, gigi geraham berfungsi untuk menghaluskan  makanan yang telah dipotong oleh gigi seri. Contoh  hewan yang termasuk kelompok ini adalah sapi,  kelinci, kerbau, dan rusa.

Kelompok hewan karnivor adalah kelompok  hewan yang memakan hewan lain. Sebagian  besar hewan yang termasuk di dalam kelompok  ini merupakan hewan buas dan liar. Hewan ini  harus berburu untuk mendapatkan makanan.  Oleh karenanya, hewan ini memiliki gigi taring  yang tajam dan kuat. Gigi taring berguna untuk  merobek dan mengoyak mangsa. Hewan ini juga  memiliki gigi seri yang tajam dan kuat meskipun  berukuran kecil. Gigi ini juga berfungsi untuk  memotong makanan. Hewan yang termasuk  dalam kelompok ini adalah harimau, singa,  anjing, buaya, dan ular.



Kelompok hewan omnivor merupakan kelompok  hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan maupun hewan lain. Hewan  omnivor memiliki susunan gigi tersendiri. Gigi seri, gigi taring, dan gigi  geraham hewan ini berkembang dengan baik untuk  menyesuaikan dengan makanannya. Gigi seri dan gigi  taring digunakan ketika memakan makanan yang berupa  hewan lain. Sementara itu, gigi seri dan gigi geraham  digunakan ketika memakan makanan berupa tumbuhan.  Orangutan, gorila, dan monyet, merupakan beberapa contoh hewan yang termasuk dalam kelompok ini.

Sumber bacaan: BSE IPA Kelas 4 2010

Post a Comment for "Materi IPA Kelas 5 : Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya"