Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juknis KSN SD Tahun 2021

mashenry.com-- Panduan Teknis/ juknis KSN SD Tahun 2021

Latar Belakang
Merdeka belajar dan pendidikan 4.0 merupakan jenis  pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik masa kini.  Peserta didik dituntut untuk mampu berpikir analitis dan  kolaboratif dan para pendidik harus menghadapi perkembangan teknologi yang berubah dengan sangat cepat. Salah satu upaya 
untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan  diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini  sebagai investasi jangka panjang untuk peserta didik meraih  kesuksesan di masa mendatang. Oleh sebab itu, mutu pendidikan harus terus ditingkatkan dengan mengikuti 
perkembangan zaman.

Menindaklanjuti hal di atas, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat  Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan  Teknologi melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di  bidang Matematika dan IPA melalui penyelenggaraan Kompetisi  Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN SD). KSN SD merupakan  ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para peserta didik di  seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah  strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif  dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan  akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,  sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Berdasarkan surat keputusan bersama Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri  Dalam Negeri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran  pada tahun ajaran 2020/2021 menyatakan bahwa satuan  pendidikan yang berada di daerah zona kuning, oranye, dan  merah dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di  satuan pendidikan dan tetap melanjutkan kegiatan Belajar Dari  Rumah (BDR), maka pelaksanaan KSN SD tahun 2021 masih  dilaksanakan secara daring/online seperti tahun sebelumnya.  KSN SD tahun 2021 merupakan kompetisi ke-2 yang  dilaksanakan secara daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional  (Puspresnas). Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional.
Panduan teknis pelaksanaan KSN SD tahun 2021 yang telah  disusun merupakan penyempurnaan dari pedoman sebelumnya.  Harapannya, panduan teknis ini dijadikan pedoman bagi seluruh  pihak terkait dalam mengikuti pelaksanaan KSN SD tahun 2021.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para peserta didik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Tujuan Umum KSN SD Tahun 2021

Adapun Tujuan umum KSN SD tahun 2021 yakni sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.
Tujuan Khusus KSN SD Tahun 2021

Adapun Tujuan khusus KSN SD tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;
  2. memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
  3. untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;
  4. memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat;
  5. memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; dan
  6. memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.
Tema KSN SD Tahun 2021
Tema dari Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD tahun 2021 adalah: “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat”
Sasaran KSN SD Tahun 2021

Sasaran KSN SD tahun 2021 adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat.

Penyelenggara KSN SD Tahun 2021

Penyelenggara KSN SD tahun 2021 terdiri atas unsur-unsur yakni,

  • Panitia Pusat : Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
  • Tim Juri : Praktisi, Akademisi dan unsur lain yang relevan.
  • Tim Teknologi Informasi.
Strategi Pelaksanaan KSN SD Tahun 2021
  1. KSN SD tahun 2021 ini dilaksanakan dengan sistem daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional karena kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM.
  2. Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat.
  3. Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.
Bidang Kompetisi KSN SD Tahun 2021

Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada KSN SD Tahun 2021 yaitu:
  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Persyaratan KSN SD Tahun 2021

Peserta KSN SD tahun 2021 memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta didik kelas IV, V, atau VI SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2021/2022 dengan usia maksimal 13 tahun pada 1 Juli 2021.
  3. Peserta memiliki kompetensi dibidang Matematika atau IPA.
  4. Peserta belum pernah meraih medali emas pada KSN SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama.
  5. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.
  6. Peserta diusulkan oleh sekolah untuk mengikuti tahap penyisihan. Sekolah hanya dapat mengirimkan paling banyak 1 (satu) peserta untuk bidang Matematika dan 1 (satu) peserta untuk bidang IPA, dibuktikan dengan surat keterangan sekolah.
  7. Sekolah yang tidak mengikuti ketentuan poin f akan didiskualifikasi pada seleksi tahap berikutnya.
Registrasi/Pendaftaran Peserta
  1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman: sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
  2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta KSN SD secara akurat dan benar.
  3. Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update.
  4. Sekolah mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa, surat keterangan sekolah dan surat pendamping pada laman pendaftaran.
  5. format mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa, surat keterangan sekolah dan surat pendamping dapat diunduh pada laman: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
Download File Pendukung Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Tahun 2021
  1. Panduan Teknis Pelaksanaan KSN SD Secara Daring Tahun 2021  DISINI
  2. Silabus Kompetisi Sains Nasional SD Tahun 2021 DISINI
  3. Surat Keterangan Sekolah Peserta KSN SD Tahun 2021 DISINI
  4. Surat Pernyataan Pendamping Peserta KSN SD Tahun 2021 DISINI
  5. Surat Pernyataan Peserta KSN SD Tahun 2021 DISINI
 

Demikian tentang Juknis KSN SD Tahun 2021,
Semoga bermanfaat, 

Post a Comment for "Juknis KSN SD Tahun 2021"