Juknis KSN SMP Tahun 2021

mashenry.com-- Juknis KSN SMP Tahun 2021


LATAR BELAKANG KSN SMP Tahun 2021
Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami  kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang  teknologi lainnya. Penguasaan ilmu pengetahuan seperti  Matematika, IPA, dan IPS merupakan salah satu modal utama  bagi kemajuan suatu bangsa dan menjadi indikator seberapa  jauh pencapaian suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu  pengetahuan. Untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan di  masa depan diperlukan penguasaan materi yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan  pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi pada kehidupan seharihari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang  mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta  berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah  pengembangan kebijakan pendidikan di masa yang akan datang. Menindaklanjuti hal di atas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Sekretariat Jenderal melalui  Pusat Prestasi Nasional, melakukan upaya peningkatan mutu  pendidikan di bidang Matematika, IPA, dan IPS antara lain  melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika, IPA, dan IPSyang dikenal dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk  meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan  IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui  kegiatan KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan  kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar 
peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh  kompetisi. Kegiatan kompetisi ini sekaligus dimaksudkan untuk  mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan 
menciptakan teknologi baru di masa depan.  Mengingat Indonesia saat ini masih dalam kondisi pandemi  Covid-19, kegiatan KSN SMP kembali dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media teknologi dan jaringan internet.  Pemanfaatan media teknologi dalam kompetisi ini masih  merupakan suatu hal yang relatif baru bagi peserta didik. Oleh  karena itu, maka panduan teknis kegiatan KSN SMP tahun 2021 ini tetap disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.

JuknisPelaksanaan Kompetensi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP Tahun 2021
Juknis Pelaksanaan Kompetensi Sains Nasional Jenjang SMP Tahun 2021. Perkembangan zaman membuat talenta peserta didik meningkat kian pesat. 
Melalui penyelenggaraan Kompetisi Sains Nasional, para peserta diharapkan mampu menjadikan kompetisi ini sebagai daya dorong yang membentuk karakter siswa berprestasi, jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP dilaksanakan dengan menggunakan sebuah media teknologi yaitu teknologi smartphone atau perangkat komputer, hal ini merupakan sebuah terobosan untuk peserta didik di Indonesia agar lebih bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan mencari informasi informasi  yang positif. Karena penggunaan teknologi yang positif akan meningkatkan kualitas sumber daya bangsa dan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dalam alinea IV Pembukaan UUD 1945.

Mengingat Indonesia saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan KSN SMP kembali dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media teknologi dan jaringan internet. Pemanfaatan media teknologi dalam kompetisi ini masih merupakan suatu hal yang relatif baru bagi peserta didik. Oleh karena itu, maka panduan teknis kegiatan KSN SMP tahun 2021 ini tetap disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.

Tujuan Umum KSN SMP 2021 

Adapun Tujuan umum KSN SMP tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS bagi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilainilai sportivitas.

Tujuan Khusus KSN SMP 2021 

Tujuan khusus KSN SMP Tahun 2021 adalah sebagai berikut:
  1. menyediakan wadah bagi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA, dan IPS sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;
  2. memotivasi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
  3. mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari;
  4. memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan/atau yang sederajat;
  5. memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan;
  6. memotivasi pemangku kepentingan untuk menanamkan nilai spiritual, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Tema KSN SMP 2021 

Tema dari pelaksanaan KSN SMP 2021 adalah: “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat”


Sasaran KSN SMP 2021 

Sasaran dari KSN SMP tahun 2021 adalah peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2020/2021 atau kelas 8 dan 9 pada tahun ajaran 2021/2022 serta berusia maksimal 16 tahun saat mengikuti KSN babak penyisihan tahap 1, babak penyisihan tahap 2, dan pelaksanaan tingkat nasional tahun 2021.


Penyelenggara KSN SMP 2021 

Penyelenggara KSN SMP tahun 2021 terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut:
  1. Panitia Pusat : Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  2. Tim Juri : Praktisi, akademisi, dan unsur lain yang relevan.
  3. Tim Teknologi Informasi.
Strategi Pelaksanaan KSN SMP 2021 
  1. KSN SMP tahun 2021 ini dilaksanakan dengan sistem daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional karena kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM.
  2. Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat.
  3. Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Bidang Kompetisi KSN SMP 2021 

Adapun Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada KSN SMP Tahun 2021 yaitu:
  1. Matematika.
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Persyaratan Peserta KSN SMP 2021 
Persyaratan peserta KSN SMP tahun 2021 adalah sebagai berikut:
  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Peserta bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada KSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2020 pada semua bidang lomba.
  3. Peserta terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat.
  4. Peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2020/2021 atau kelas 8 dan 9 pada tahun ajaran 2021/2022 serta berusia maksimal 16 tahun pada saat mengikuti KSN SMP tahun 2021.
  5. Peserta memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  6. Peserta memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
  7. Peserta memiliki surat/pernyataan integritas dan surat keterangan sekolah dalam mengikuti seleksi KSN SMP tahun 2021.
Registrasi/Pendaftaran Peserta KSN SMP 2021 
  1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
  2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta KSN SMP secara akurat dan benar.
  3. Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update.
  4. Sekolah mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa dan surat keterangan sekolah pada laman pendaftaran, format surat dapat diunduh pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Selengkapnya Silahkan  Unduh KSN SMP  Tahun 2021 Pada tautan berikut ini :
  • Panduan Teknis Pelaksanaan KSN SMP Secara Daring Tahun 2021 DISINI
  • Silabus Kompetisi Sains Nasional SMP Tahun 2021 DISINI
  • Surat Keterangan Sekolah Peserta KSN SMP Tahun 2021 DISINI
  • Surat Pernyataan Peserta KSN SMP Tahun 2021 DISINI

 

 Demikian tentang Juknis KSN SMP Tahun 2021

Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Juknis KSN SMP Tahun 2021"