Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BUKU SAKU ASESMEN DIAGNOSIS KOGNITIF BERKALA

Untuk membantu sekolah serta bapak/ibu guru, Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala dan Beberapa Modul Asesmen di Awal Pembelajaran.

Buku saku tersebut disusun untuk memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi Bapak dan Ibu guru dalam melakukan persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindak lanjut yang tepat pada proses asesmen diagnosis. Kami berharap buku ini menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip “teaching at the right level’ (pembelajaran sesuai dengan tingkat) khususnya pada masa pandemik.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama Pandemi Covid-19 pada beberapa bulan terakhir berdampak pada banyak sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan. Untuk membatasi penyebaran dan penularan virus secara luas di satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengambil kebijakan penyelenggaraan Belajar di Rumah (BDR). Kebijakan serupa juga diterapkan di lebih di 180 negara dunia. Kebijakan BDR diyakini dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan nonkognitif siswa yang selanjutnya dapat mempengaruhi wajah pendidikan di masa depan.


Di Indonesia, beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR dan capaian belajar siswa bervariasi. Oleh karena itu, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat BDR perlu dilakukan. Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan nonkognitif perlu dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakuan atau strategi yang tepat kepada masing-masing siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau dirugikan.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyiapan dan penyusunan buku saku ini. Semoga buku saku dapat bermanfaat terutama bagi kelanjutan dunia pendidikan di Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Link Download : Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala dan Unduh modul asesmen di awal pembelajaran

Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala Download disini


Modul Asesmen di Awal Pembelajaran :

Modul Asesmen Awal Matematika Jenjang SD Kelas III Download disini
Modul Asesmen Awal Matematika jenjang SD kelas IV Download disini
Modul Asesmen Awal Matematika jenjang SMP kelas VIII Download disini
Modul Asesmen Awal Matematika jenjang SMA kelas X Download disini

Modul Asesmen Awal Bahasa Indonesia jenjang SD kelas IV Download disini
Modul Asesmen Awal Bahasa Indonesia jenjang SMP kelas VIII Download disini
Modul Asesmen Awal Bahasa Indonesia jenjang SD kelas III Download disini
Modul Asesmen Awal Bahasa Indonesia jenjang SMA kelas X Download disini

Demikian tentang Informasi Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala dan Buku Asesmen di Awal Pembelajaran.
Semoga bermanfaat,

1 comment for "BUKU SAKU ASESMEN DIAGNOSIS KOGNITIF BERKALA "