Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi, Soal dan Panduan BDR TVRI Jenjang SD Kelas 4 5 6 Minggu ke 3 (27 Juli - 2 Agustus 2020)

Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.


Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 
  1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 
  2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 
  3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.
Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan :
  1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 
  3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 
  4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak. 
1. Senin, 27 Juli 2020 : Perbandingan dan Skala

Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:


KOMPETENSI NUMERASI : 
  • Mengembangkan ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan; dan 
  • Mengembangkan pemahaman tentang ekuivalensi pecahan.
Tautan Video Materi Pembelajaran di  Youtube  :
  1. Link Segmen 1 Silahkan Simak Disini
  2. Link Segmen 2 Silahkan Simak Disini 
  3. Link Segmen 3 Silahkan Simak Disini 
Soal BDR TVRI Senin, 27 Juli 2020 Kelas 4 5 dan 6 :
  1. Soal setelah menonton video 1: Ibu memiliki 1 gulung kain sepanjang 10 meter akan digunakan untuk membuat masker. Setiap 32 masker diperlukan 2 meter kain. Berapakah banyak masker yang dapat dibuat oleh ibu?
  2. Soal setelah menonton video 2: Sebuah mobil membutuhkan 3 liter bensin untuk perjalanan sejauh 48 km. Berapa liter bensin yang dibutuhkan jika mobil itu akan menempuh perjalanan 90 km? 
  3. Soal setelah menonton video 3: Jarak rumah Edo ke sekolah pada gambar 12 cm. Skala yang digunakan adalah 1 : 5.000. Berapa meter jarak rumah Edo ke sekolah? 

2. Selasa, 28 Juli 2020 : Bagaimana Bunyi Terdengar oleh Telinga

Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:

KOMPETENSI LITERASI: 
  • Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalaman dengan lebih terstruktur; 
  • Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok, dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali serta menanggapi menggunakan pengetahuannya. 
Link Video Materi Pembelajaran di  Youtube  :
Link Segmen 1 Silahkan Simak Disini 

Soal BDR TVRI Selasa, 28 Juli 2020 Kelas 4 5 dan 6 :
  1. Soal setelah menonton video 1: Setelah kamu menyimak video tersebut, apa yang dapat kamu simpulkan mengenai proses bunyi hingga terdengar oleh telinga kita?
  2. Setelah menonton video tentang bunyi dan sifatnya, sekarang coba lakukan percobaan sederhana di rumah dengan menyiapkan 3 gelas kosong yang terbuat dari kaca. Lalu isi gelas pertama dengan air sampai penuh, isi gelas kedua dengan air setengahnya saja, dan isi gelas ketiga dengan air yang lebih sedikit dari gelas kedua. Setelah itu, pukul ketiga gelas tersebut secara bergantian dengan menggunakan sendok. Apa pendapatmu mengenai perbandingan bunyi tersebut? 

3. Rabu, 29 Juli 2020 : Kekayaan Alam

Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:

KOMPETENSI LITERASI: 
  • Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok, dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya. 
  • Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. 
  • Menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya
Link Video Materi Pembelajaran di  Youtube  :
  1. Link Segmen 1 Silahkan Simak Disini 
  2. Link Segmen 2 Silahkan Simak Disini
  3. Link Segmen 3 Silahkan Simak Disini
Soal BDR TVRI Rabu, 29 Juli 2020 Kelas 4 5 dan 6 :
  1. Soal setelah menonton video 1: Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial, maka dari itu kita harus bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam. Menurutmu, apa yg akan terjadi jika kita tidak mau menghemat penggunaan air dan listrik?
  2. Soal setelah menonton video 2: Indonesia sangat terkenal dan kaya akan sumber daya alamnya, namun mengapa luas hutan di negara kita semakin menurun setiap tahunnya? Tuliskan pendapatmu! 
  3. Soal setelah menonton video 3: Menurutmu, apa saja yg dapat kita lakukan untuk memperbaharui sumber daya alam?
4. Kamis, 30 Juli 2020 : Faktor dan Kelipatan

Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:

KOMPETENSI NUMERASI: 
Menerapkan pemahaman tentang faktor-faktor umum dan kelipatan bersama untuk memecahkan masalah
Link Video Materi Pembelajaran di Youtube  :
  1. Link Segmen 1 Silahkan Simak Disini 
  2. Link Segmen 2 Silahkan Simak Disini 
  3. Link Segmen 3 Silahkan Simak Disini 
Soal BDR TVRI Kamis, 30  Juli 2020 Kelas 4 5 dan 6 : 
  1. Soal setelah menonton video 1: Tim tari Ekskul SD Makmur terdiri dari 8 orang. Tim tari akan mengikuti Lomba Porseni. Tiap tim menampilkan berbagai bentuk formasi tarian. Berapa formasi tarian yang dapat dibentuk oleh tim tari tersebut? 
  2. Soal setelah menonton video 2: Sepasang bilangan prima antara 15 dan 30 jumlahnya 52 dan bedanya 6. Pasangan bilangan prima manakah itu? 
  3. Soal setelah menonton video 3: Leni, Siti, dan Dina bermain lompat tali di halaman depan rumahnya. Mereka bermain secara bergantian sesuai dengan urutan masing-masing. Leni mendapat urutan ketiga. Jika Leni bermain sebanyak 8 kali, pada urutan ke berapa Leni bermain lagi?   
5. Jumat,  31 Juli 2020 ( LIBUR HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H )

Panduan BDR TVRI  Minggu ke 3 (27 Juli - 2 Agustus 2020)



Demikian informasi tentang : Materi, Soal dan Panduan BDR TVRI Jenjang SD Kelas 4 5 6 Minggu ke 3 (27 Juli - 2 Agustus 2020)

Semoga bermanfaat, 

2 comments for "Materi, Soal dan Panduan BDR TVRI Jenjang SD Kelas 4 5 6 Minggu ke 3 (27 Juli - 2 Agustus 2020)"